SERTIFIKASI

SERTIFIKASI

Pentingnya Sertifikasi IT

Banyak alasan untuk mendapatkan sertifikasi IT (Information Technology). Hal utama adalah sertifikasi di bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi memberikan kredibilitas bagi pemegangnya. Sertifikasi IT menunjukkan para Professional Teknologi Informasi memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan. Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah diuji dan didokumentasikan.
Nilai Sertifikasi IT untuk Peningkatan Bisnis Perusahaan
   A. Selaras dengan Tujuan Bisnis Perusahaan
       1. Memberikan keunggulan bersaing yang nyata.
       2. Memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi.
       3. Meningkatkan produktivitas kerja.
       4. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang lebih lengkap.
       5. Meningkatkan kredibilitas terhadap mitra bisnis dan pelanggan.
       6. Memberikan dampak terukur untuk efisensi dan keuntungan bisnis.
       7. Menjadi tujuan penting bagi bisnis perusahaan.
   B. Alat yang penting untuk mempertahankan dan mendapatkan SDM bidang ICT
       1. SDM yang memiliki sertifikasi IT lebih loyal dan kurang suka berganti pekerjaan.
       2. Sertifikasi IT adalah suatu cara untuk mempertahankan SDM berkompetensi.
       3. Berfungsi sebagai pembeda tingkat kemampuan antara staff senior dan staff baru.
       4. Berfungsi sebagai skala pembanding untuk kemampuan teknis.
       5. Sertifikasi IT memungkinkan pemilihan yang lebih baik dalam proses rekruitmen.
       6. Memberikan perusahaan sebuah standar kemampuan yang konsisten.
       7. SDM yang memiliki sertifikasi mampu melakukan fungsi pekerjaan dengan baik.
       ** Sumber : IDC Research, Certification Magazine Salary Survey 2002,
                             IT Skills Research 2002
:: Siapakah yang Memerlukan Sertifikasi IT?
Beberapa bidang pekerjaan tertentu mensyaratkan kualifikasi dan kompetensi dalam menjalankan prosesnya. Permasalahannya adalah bagaimana employer dapat mengetahui bahwa SDM yang dicarinya berkualitas tanpa perlu ia membuang waktu dan tenaga untuk menguji satu-persatu calon karyawannya. Agar lebih jelas dibawah ini adalah mereka yang memerlukan sertifikasi IT :
    1. Profesional ICT (operator, administrator, developer, engineer, specialist).
    2. Akademisi ICT (trainer, lecturer, instructor and teacher).
    3. Manager dan Supervisor ICT.
    4. Semua pihak yang terlibat dalam pengembangan TI dan telekomunikasi.
:: VUE Authorized Test Center
Kami adalah salah satu penyelenggara training IT yang juga merupakan VUE Authorized Test Center di Indonesia. Dengan kata lain kami memiliki kemampuan secara mandiri untuk menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional dari berbagai vendor IT terkemuka seperti Cisco, CompTIA, Novel, Sun, dsb. Tidak semua lembaga training IT memiliki lisensi untuk mengadakan ujian sertifikasi internasional, bahkan banyak lembaga training IT yang bekerjasama dengan kami melaksanakan ujian sertifikasi internasional bagi peserta training yang mengikuti training mereka.
Kami telah ditunjuk sebagai VUE Authorized Test Center sejak Maret 2007 dan hingga kini telah melaksanakan ujian sebayak 75 kali dengan beragam jenis ujian dari Cisco Certified dan Microsoft Certified. Jumlah workstation untuk peserta ujian adalah 4 (empat buah) dengan demikian dalam satu waktu bersamaan kita maksimal dapat melaksanakan ujian sertifikasi internasional bagi 4 orang. Dengan server khusus yang didedikasikan hanya untuk VUE Test Center software yang menjamin kelancaran proses ujian sertifikasi.
:: Program Ujian Sertifikasi Internasional Lainnya
Sebagai partner VUE Authorized Test Center, kami juga memfasilitasi ujian sertifikasi internasional lainnya seperti : BPN, ADP, Agilent Technologies, Altiris, American College, Avaya Inc. Testing, BMC Software, Brocade Communications, BRPT, Business Objects, Check Point Software Technologies, CompTIA Testing, EXIN, IBM Testing, Isilon Systems, Linux Professional Institute Testing, Lotus Testing, MatrixOne McDATA, Microsoft Testing, MySQL, Novell Testing, PostgreSQL CE (SRA OSS), PRMIA, Radware, Siemens, Sun Microsystems – SAI Program, Tivoli Testing, VERITAS, VMware, Inc., Zend Technologies, Ltd.
Sejak bulan september 2007 terjadi pemisahaan ujian sertifikasi internasional, dimana secara khusus ujian Cisco Certified hanya dapat dilaksanakan oleh VUE Authorized Test Center sedangkan Microsoft Certified hanya dapat diujikan oleh Certiport Test Center. Saat ini kami juga telah ditunjuk oleh Certiport sebagai Certiport Test Center. Sehingga lebih banyak lagi jenis ujian sertifikasi internasional yang dapat kami selenggarakan.
:: Informasi Lebih Lanjut
Informasi lebih lanjut mengenai tata cara mengikuti ujian sertifikasi silahkan kontak Dodi di Telp. 0812.198.1927 atau kirim email ke : training@dotcampus.net